Rabu, 24 April 2013

Konsep Dasar Epidemiologi - Kegunaan Epidemiologi




Jika ditinjau dari berbagai macam kegunaan ilmu epidemiologi tersebut diatas, maka muncul pertanyaan seberapa pentingkah (sangat penting, penting, kurang penting, tidak penting) calon seorang ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi.?

Tuliskan tanggapan anda dalam kolom komentar. 

Untuk memahami lingkup epidemiologi silahkan KLIK DI SINI

48 komentar:

  1. sangat penting karena seorang ahli kesehatan masyarakat harus mampu mengetahui dan memahami sejauh mana dampak pola kesehatan dan faktor penyakit yang disebabkan oleh banyaknya populasi, serta membantu menginformasikan kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) untuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan untuk kedokteran preventif

    BalasHapus
  2. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat mengerti dan memahami ilmu epidemiolohi, karena di dalam efidemiologi itu kita akan mengenal proses timbulnya penyakit, riwayat alamiah penyakit, klasifikasi penyakit dan pencegahan penyakit.

    BalasHapus
  3. menurut saya dengan mempelajari ilmu epidemiologi kita bisa Untuk mempelajari riwayat penyakit, kondisi, cedera, gangguan, ketidak mampuan, cacat apa saja yang menyebabkan kesakitan, masalah kesehatan, atau kematian di dalam suatu komunitas atau wilayah, Mengkaji risiko yang ada pada setiap individu karena mereka dapat mempengaruhi kelompok /populasi, Faktor risiko,mengevaluasi, serta Menentukan penyebab dan sumber penyakit

    BalasHapus
  4. sangat penting,karena seorang ahli kesehatan masyarakat harus mampu memahami ilmu epid untuk mengatahui dan mengukur penyebaran penyakit,seberapa besar masalah kesehatan tersebut yang dilihat dari frekuensi,distribusi dan determinan nya. agar kita bisa melakukan upaya perventif dan promotifnya tidak hanya kuratifnya saja.

    BalasHapus
  5. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat atau sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi sehingga para ahli kesehatan masyarakat dapat mengetahui riwayat penyakit yang meyebabkan masalah pada kesehatan atau kematian dalam komunitas atau wilayah tersebut.

    BalasHapus
  6. sangat penting untuk seorang sarjana kesmas memahami ilmu epidemiologi karena didalam menerapkan ilmu kesehatan masyarakat harus mampu mengetahui dan mengukur penyebab, cara terjadinya, tahu sumber terjadinya dan tahu faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pada induvidu sebagai host dari kasus penyakit yang terjadi. Dengan mengerti dan memahami ini semua maka upaya pencegahan dapat dilakukan, kasus penyakit tidak akan muncul dengan penyebab yang sama, pada lokasi dan waktu yang sama.

    BalasHapus
  7. Menurut saya sangat penting bagi seorang calon ahli atau sarjana kesehatan masyarakat untuk memahami dan mengerti tentang ilmu epidemiologi, karena pada prosesnya nanti diharapkan ahli-ahli kesehatan masyarakat ini dapat mengetahui masalah-masalah kesehatan yang terjadi secara cepat dan tepat dalam mengatasi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kesehatan terutama vektor dan determinan suatu penyakit.

    BalasHapus
  8. sangat perlu untuk seorang sarjana kesmas dalam mendalami dan mengerti epidemiologi sehingga mampu melakukan identifikasi, mengukur, memetakan perjalanan pajanan dari sumbernya sampai ke manusia, dan menganalisis pengaruh faktor - faktor lingkungan (fisik, kimia dan biologi) terhadap gangguan kesehatan masyarakat dengan tujuan memberikan bukti - bukti ilmiah guna pengembangan pengendalian dampak kesehatan akibat perubahan lingkungan

    BalasHapus
  9. Sangat penting pak, dapat dikatakan bahwa tujuan yang hendak dicapai dalam epidemiologi adalah memperoleh data frekuensi, distribusi dan determinan penyakit atau fenomena lain yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, misalnya:
    1. Penelitian epidemiologis yang dilakukan pada kejadian luar biasa akibat keracunan makanan dapat digunakan untuk mengungkapkan makanan yang tercemar dan menemukan penyebabnya.
    2. Penelitian epidemiologis yang dilakukan untuk mencari hubungan antara karsinoma paru-paru dengan asbes, rokok dengan penyakit jantung dan hubungan-hubungan penyakit dan masalah kesehatan lainnya
    3. Menentukan apakah hipotesis yang dihasilkan dari percobaan heawan konsisten dengan data epidemiologis
    4. Memperoleh informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan, penanggualangan masalah kesehatan, serta menentuka prioritas masalah keseahatan masyarakat
    Apabila Epidemiologi dapat dipahami dan diterapkan dengan baik, akan diperoleh berbagai manfaat yang jika disederhanakan adalah sebagai berikut :
    1. Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.
    Yaitu membantu pekerjaan dalam Perencanaan ( Planning ) dari pelayanan kesehatan, Pemantauan ( Monitoring ) dan Penilaian ( Evaluation ) suatu upaya kesehatan. Data yang diperoleh dari pekerjaan epidemiologi akan dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah upaya yang dilakukan telah sesuai dengan rencana atau tidak (Pemantauan) dan ataukah tujuan yang ditetapkan telah tercapai atau tidak (Penilaian).
    2. Dapat Menerangkan Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.
    Dengan diketahuinya penyebab suatu masalah kesehatan, maka dapat disusun langkah – langkah penaggulangan selanjutnya, baik yang bersifat pencegahan ataupun yang bersifat pengobatan.
    3. Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.
    Salah satu masalah kesehatan yang sangat penting adalah tentang penyakit. Dengan menggunakan metode Epidemiologi dapatlah diterangkan Riwayat Alamiah Perkembangan Suatu Penyakit ( Natural History of Disease ). Pengetahuan tentang perkembangan alamiah ini amat penting dalam menggambarkan perjalanan suatu penyakit. Dengan pengetahuan tersebut dapat dilakukan berbagai upaya untuk menghentikan perjalanan penyakit sedemikian rupa sehingga penyakit tidak sampai berkelanjutan. Manfaat / peranan Epidemiologi dalam menerangkan perkembangan alamiah suatu penyakit adalah melalui pemanfaatan keterangan tentang frekwensi dan penyebaran penyakit terutama penyebaran penyakit menurut waktu. Dengan diketahuinya waktu muncul dan berakhirnya suatu penyakit, maka dapatlah diperkirakan perkembangan penyakit tersebut.
    4. Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.
    Karena Epidemiologi mempelajari tentang frekwensi dan penyebaran masalah kesehatan, maka akan diperoleh keterangan tentang keadaan masalah kesehatan tersebut. Keadaan yang dimaksud di sini merupakan perpaduan dari keterangan menurut cirri – cirri Manusia, tempat dan Waktu.

    BalasHapus
  10. sangat penting karna seorang yang ahli kesehatan masyarakat yang harus mengerti tentang preventif dan promotip serta pengetahuan yang mempelajari pola penyebaran yaknis sebab akibat suatu penyakit , manusia, lingkungan (HOST, EGENT, ENVIRONMEN,) serta pencegahan suatu penyakit dalam suatu komunitas ataupun populasi pada suatu wilayah.

    BalasHapus
  11. menurut saya sangat penting seorang ahli atau sarjana kesmas memdalami dan mengerti ilmu epidemiologi karena didlm ilmu epid itu kita mempelajari tengtang frekuensi,distribusi dan determinan suatu pola penyakit atau masalah kesehatan sehingga dilakukan upaya preventif dan promotif tdak hanya menitik beratkan pada kuratif saja.

    BalasHapus
  12. Sangat penting sekali seorang sarjana kesehatan masyarakat mengerti dan memahami tentang ilmu epidemiologi karena merupakan upaya untuk mengetahui status kesehatan di suatu wilayah.

    BalasHapus
  13. sangat penting,karena seorang ahli kesehatan masyarakat harus mengetahui rangkaian mulai dari proses timbulnya penyakit, riwayat alamiah penyakit, klasifikasi penyakit untuk pada akhirnya melakukan pencegahan timbulnya penyakit pada masyarakat

    BalasHapus
  14. sangat penting karna dengan mempelajari ilmu epidemiologi kita bisa mempelajari riwayat penyakit, kondisi, cedera, gangguan, ketidak mampuan, cacat apa saja yang menyebabkan kesakitan, masalah kesehatan, atau kematian di dalam suatu komunitas atau wilayah. Mengkaji risiko yang ada pada setiap individu karena mereka dapat mempengaruhi kelompok atau populasi, faktor risiko,mengevaluasi, serta menentukan penyebab dan sumber penyakit

    BalasHapus
  15. Seorang ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat sangat penting untuk mengerti dan memahami ilmu epidemologi karena seperti penjelesan di atas Dalam upaya peningkatan derajat kesahatan masyarakat melalui pelayanan kesahatan di butuhkan informasi tentang yang terkena, jumlah orang yang terkena, dimana dan bilaman terkenanya. Penyebaran dan penyebabnya. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui studi epidemiologis. Dalam menghadapi masalah kesehatan masyarakat seperti pencegahan penyakit atau fenomena lain seperti ledakan penduduk dapat dilakukan dalam upaya imunisasi, penyaringan terhadap orang yang mempunyai risiko terkena suatu penyakit walaupun penyakit belum tampak.

    BalasHapus
  16. menurut saya sangat penting sebagai ahli kesehatan masyarakat mengerti dan mempelajari ilmu epidemiologi, karena jika dilihat dari kegunaan ilmu epidemiologi diatas sangatlah penting mempelajari ilmu ini sehingga kita dapat mengetahui timbulnya penyakit, riwayat alamiah penyakit, kalsifikasi penyakit dan akhirnya kita dapat melakukan pencegahan penyakit tersebut.

    BalasHapus
  17. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat atau sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi sehingga para ahli kesehatan masyarakat dapat mengetahui riwayat penyakit yang meyebabkan masalah pada kesehatan atau kematian dalam komunitas atau wilayah tersebut.

    BalasHapus
  18. Mempelajari ilmu epidemiologi bagi seorang sarjana kesehatan masyarakat adalah sangat penting.
    Epidemiologi merupakan induk dari ilmu kesehatan masyarakat. Hal ini menandakan pentingnya ilmu epidemiologi bagi kita calon sarjana kesehatan masyarakat. Karena merupakan ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi masalah kesehatan sekelompok masyarakat atau orang serta determinannya

    BalasHapus
  19. Menurut saya sangat penting karena seorang ahli kesehatan masyarakat dalam mempelajari masalah kesehatan berupa penyakit tersebut, mencoba memanfaatkan data dari kajian terhadap sekelompok manusia. Untuk kemudian dilaksanakan sesuai dengan penyebab yang ditemukan, disusun upaya untuk menaggulanginya.
    manfaat epidemiologi
    1.Membantu pekerjaan administrasi kesehatan
    Salah satu manfaat epidemiologi dalam administrasi kesehatan adalah membantu pekerjaan perencanaan (planning) dari pelayanan kesehatan dan pada pemantauan (monitoring) dan penilaian (evaluation) suatu upaya.
    2.Dapat menerangkan penyebab suatu masalah kesehatan
    Uraian yang disampaikan dalam tiga butir ruang lingkup epidemiologi adalah contoh dari manfaat epidemiologi dalam menerangkan penyebab suatu masalah kesehatan, dapatlah disusun langkah-langkah penanggulangan selanjutnya, baik yang bersifat pencegahan dan ataupun yang bersifat pengobatan.

    BalasHapus
  20. Menurut saya seorang sarjana kesehatan perlu mempelajari dan memahami epidemiologi karena,dengan ilmu epidemiologi itulah seorang sarjana kesehatan dpt sangat berperan dlm peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dgn paham epidemiologi bisa membantu mempelajari penyebaran suatu penyakit beserta penyebabnya, sehinggA dpt dicegah agar tdk semakin meluas dan tidak muncul lagi (pencegahan) di kemudian hari

    BalasHapus
  21. Menurut saya sangatlah penting bagi seorang ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi, untuk dapat mengetahui konsep dasar timbulnya penyakit di dalam lingkungan masyarakat, untuk mengetahui konsep penyebab dan proses awal terjadinya penyakit, dan untuk mengetahui riwayat alamiah suatu penyakit, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan terhadap suatu penyakit tersebut, bukan hanya difokuskan kepada penyembuhannya saja.

    BalasHapus
  22. sangat penting untuk seorang sarjana kesmas memahami ilmu epidemiologi karena didalam menerapkan ilmu kesehatan masyarakat harus mampu mengetahui dan mengukur penyebab, cara terjadinya, tahu sumber terjadinya dan menganalisis pengaruh faktor - faktor lingkungan (fisik, kimia dan biologi) terhadap gangguan kesehatan masyarakat dengan tujuan memberikan bukti - bukti ilmiah guna pengembangan pengendalian dampak kesehatan akibat perubahan lingkungan

    BalasHapus
  23. Menurut pendapat saya sebagai calon ahli kesehatan masyarakat sangat penting untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi, alasannya yaitu karena dalam ilmu epidemiologi tersebut kita mempelajari tentang teori- teori yang didalamnya dijabarkan tentang tehnik atau cara bagaimana orang tidak jadi sakit dan bagaimana orang yang sembuh dari sakit tidak sakit lagi

    BalasHapus
  24. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat atau sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi sehingga para ahli kesehatan masyarakat dapat mengetahui riwayat penyakit yang meyebabkan masalah pada kesehatan atau kematian dan harus mampu memahami ilmu epidemiologi untuk mengatahui dan mengukur penyebaran penyakit,seberapa besar masalah kesehatan tersebut yang dilihat dari frekuensi,distribusi dan determinan nya. agar kita bisa melakukan upaya perventif dan promotifnya tidak hanya kuratifnya saja. Saya setuju kalau Ilmu Kesmas iconnya adalah Epidemiologi.

    BalasHapus
  25. mnrt saya sangat penting bagi seorang sarjana kes. masy. untuk mempelajari ilmu epidemiologi karena kita dpt mngetahui dan mengenal proses timbulnya penyakit,rwyt penyakit, mulai dari gejala,sakit ,akibat .klasifikasi penyakit dan pencegahannya dan hal ini sangat bermanfaat di masyarakat.

    BalasHapus
  26. Kesehatan masyarakat harus mengetahui masalah kesehatan yang terjadi dalam masyarakat.Oleh karena itu sangatlah penting bagi sarjana kesmas untuk mempelajari ilmu epidemiologi yang tidak lain mempelajari masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat dimulai dri penyebarannya, faktomya sampai penangannannya.

    BalasHapus
  27. Menurut pendapat saya dengan mempelajari ilmu epidemiologi kita bisa Untuk mempelajari riwayat penyakit, kondisi, cedera, gangguan, ketidak mampuan, cacat apa saja yang menyebabkan kesakitan, masalah kesehatan, atau kematian di dalam suatu komunitas atau wilayah, Mengkaji risiko yang ada pada setiap individu karena mereka dapat mempengaruhi kelompok /populasi, Faktor risiko,mengevaluasi, serta Menentukan penyebab dan sumber penyakit, yg pada akhirnya berguna dalam penanggulangan suatu penyakit

    BalasHapus
  28. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat atau sarjana kesehatan masyarakat unt mengerti dan memahami ilmu epidemiologi karena tugas dari sarjana kesehatan masyarakat mencegah masyarakat agar tidak tertular dan terjangkit suatu penyakit agar tercipta sebuah masyarakat yang terhindar dari penyakit

    BalasHapus
  29. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat mengerti dan memahami ilmu epidemiolagi karena selain untuk memahami masalah kesehatan dari proses timbulnya penyakit, riwayat alamiah penyakit, klasifikasikan dan pencegahannya serta menerangkan keadaan suatu masalah kesehatan sehingga dapat menentukan dengan benar perencanaan, pemantauan dan penilaian terhadap masalah kesehatan tersebut.

    BalasHapus
  30. sangat penting karna dengan mempelajari ilmu epidemiologi kita bisa mempelajari riwayat penyakit, kondisi, cedera, gangguan, ketidak mampuan, cacat apa saja yang menyebabkan kesakitan, masalah kesehatan, atau kematian di dalam suatu komunitas atau wilayah. Mengkaji risiko yang ada pada setiap individu karena mereka dapat mempengaruhi kelompok atau populasi, faktor risiko,mengevaluasi, serta menentukan penyebab dan sumber penyakit

    BalasHapus
  31. menurut saya sangatlah penting seorang calon ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat harus memahami semua hal yang ada dalam ilmu epidemiologi, karena dengan mempelajari dan memahami ilmu epidemiologi tentu saja kita dapat mengenal dan mengetahui mulai dari proses timbulnya penyakit sampai bagaimana cara pencegahan suatu penyakit tersebut.

    BalasHapus
  32. Sangat penting,terutama untuk mengenal proses timbulnya penyakit sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan penyakit.

    BalasHapus
  33. Menurut saya sangatlah penting bagi seorang ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi, untuk mengetahui masalah kesehatan yang terjadi dalam masyarakat dimulai dri penyebarannya, faktornya sampai penanganannya.

    BalasHapus
  34. Sangat penting pak, dapat dikatakan bahwa tujuan yang hendak dicapai dalam epidemiologi adalah memperoleh data frekuensi, distribusi dan determinan penyakit atau fenomena lain yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
    Apabila Epidemiologi dapat dipahami dan diterapkan dengan baik, akan diperoleh berbagai manfaat yang jika disederhanakan adalah sebagai berikut :
    1. Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.
    2. Dapat Menerangkan Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.
    3. Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.
    4. Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.

    BalasHapus
  35. Menurut saya sangat penting pak seorang calon ahli kesehatan masyarakat mengerti dan memahami ttg ilmu epidemilogi, karena di dalam ilmu epidemilogi kita bisa belajar banyak hal ttg proses timbulnya suatu penyakit, riwayat alamiah penyakit, serta pencegahan suatu penyakit yang pada akhirnya akan jika kita terapkan akan sangat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

    BalasHapus
  36. Tentu saja ilmu epidemiologi sangat penting dipelajari dan difahami oleh seeorang kesehatan masyarakat.Karena seorang kesehatan masyarakat harus tau masalah masalah kesehatan yg terjadi dlm masyarakat, sehingga dapat mencari solusinya atau penyelesaiannya dari masalah tersebut. Maka dengan ilmu epidmiologilah seseorang akan mampu memahami hal yang berkaitan tentang penyebaran dan determinan termasuk cara penyelesaiannya.

    BalasHapus
  37. Menurut saya sangat penting seorang ahli kesehatan masyarakat mengerti dan memahami ilmu epidemiolagi karena selain untuk memahami masalah kesehatan dari proses timbulnya penyakit,riwayat alamiah penyakit,klasifikasi penyakit(menular atau tidak menular,bakteri atau virus),juga dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan suatu penyakit.

    BalasHapus
  38. tentu penting untuk dipelajari karena melalui ilmu epidemologi kita dapat melihat gambaran tentang status kesehatan suatu daerah, dan dapat digunakan sebagai data dasar untuk menentukan kebijakan atau intervensi selanjutnya dari program kesehatan.

    BalasHapus
  39. Sebagai caln kesehatan masyarakat menurut saya ilmu epidemioogi sangatlah penting untuk kita pelajari

    Tidak hanya cukup mempelajari tapi sampai pada pemahamannya, karena dalam sebuah masyasrakat akan bnyk timbul permsalahan2 Kesehatan.Sehingganya diperlukanlah tenaga kesehatan masyarakat untuk dapt bisa memberikan penyelesaiannya bkerjasama dg tenaga lainnya.

    BalasHapus
  40. Menurut saya seorang ahli kesehatan masyarakat atau seorang sarjana kesehatan masyarakat sangat penting untuk mengerti dan memahami ilmu epidemiologi,karena dalam ilmu epidemiologi kita akaan mengerti proses timbulnya penyakit, gejala ,akibat yang akan ditimbulkan serta mengerti penyebab penyakit tersebut,dan menular atau tidak, sehingga kita dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

    BalasHapus
  41. Seorang calon sarjana kesehatan masyarakat wajib hukumnya memahami epidemiologi, karena dalam ilmu epidemiologi dapat mempelajari proses, klasifikasi, riwayat dan pencegahan suatu penyakit, bikankah ini sdh merupakan satu paket ilmu untuk mengetahui macam macam penyakit, kemudian riwayat hingga timbul sehingga dapat tahu cara mencegah suatu penyakit agar tdk terjadi.

    BalasHapus
  42. sangat penting,karena seorang calon sarjana kesehatan harus memahami tentang epidemiolpgi dan itu hukum nya wajib, karena di dalam ilmu epidemiologi kita dapat mengetahui tentang berbagai penyakit yang timbul dimasyarakat,gejala-gejalanya,akibat yang di timbulkan,penyebabnya,penularannya sehingga kita dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut dan membantu memberikan pemecahan masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat.

    BalasHapus
  43. Menurut saya sangat penting ahli kesehatan masyarakat mempelajari epidemiologi karena ilmu ini menganalisis faktor -faktor yang berhubungan dengan endemik atau penyakit yang berkembang dimasyarakat kemudian menentukan penyelesaian, pencegahan dan proyeksi kedepan pada masalah tersebut dan juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tersebut

    BalasHapus
  44. sangat penting pak, karena dengan mengerti dan memahami ilmu epidemiologi maka seorang calon sarjana kesehatan masyarakat dapat mengenal proses timbulnya penyakit yang terjadi pada masyarakat, kemudian dapat mengenal riwayat alamiah penyakit tersebut yang mencakup gejala penyakit, akibat yang di timbulkan oleh penyakit tersebut. Kemudian dapat mengklasifikasikan kejadian penyakit tersebut, apakah penyakit menular atau tidak menular, kemudian mencari penyebab penyakit tersebut apakah oleh virus atau bakteridan seorang calon sarjana masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan dari penyakit tersebut.

    BalasHapus
  45. Sangat penting karena epidemiologi adalah induk dari ilmu kesehatan masyarakat oleh karena itu para sarjana kesehatan masyarakat harus mengerti dan menguasai pembelajaran mengenai epidemiologi agar dapat memberikan informasi yang tepat untuk masyarakat mengenai penularan penyakit,wabah wabah penyakit dan penyakit yang sering terjadi pada masyarakat.

    BalasHapus
  46. Apabila Epidemiologi dapat dipahami dan diterapkan dengan baik maka kita sebagai sarjana kesehatan masyarakat diharapkan dapat menjelaskan tentang frekwensi dan penyebaran masalah kesehatan, maka akan diperoleh keterangan tentang keadaan masalah kesehatan tersebut di lingkungan dmana kita bekerja.

    BalasHapus
  47. Sangat penting ,karena epkdemiologi merupakan induk dari ilmu kesehatan masyarakat,oleh karena itu para sarjana kesehatan masyarakat harus mengerti dan menguasai pembelajaran mengenai epidemiologi adar dapat memberikan informasi yang tepat untuk masyarakat mengenai penularan penyakit , wabah wabah penhakit dan penyakit yang sering terjadi pada masyarakat.

    BalasHapus
  48. sangat penting. karena dengan memahami epidemiologi, sarjana kesehatan masyarakat/ petugas kesehatan dapat menerangkan besarnya masalah serta penyebaran suatu penyakit; dapat mengenal proses timbulnya penyakit sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan penyakit; dapat menyiapkan data dan informasi untuk keperluan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kesehatan.

    BalasHapus