Rabu, 24 April 2013

Konsep Dasar Epidemiologi - Definisi Epidemiologi



Apakah yang menjadi kesimpulan anda tentang ilmu epidemiologi itu.?
Jika ditinjau dari berbagai macam definisi menurut para ahli epidemiologi tersebut diatas.  

Tuliskan kesimpulan anda pada kolom komentar.

Untuk memahami konsep dasar epidemiologi mengenai sub pokok kegunaan epidemiologi silahkan KLIK DI SINI

52 komentar:

  1. Asslmkm Pak, Maaf saya absen dan Komentar sebelum waktu yang ditentukan karena jam 14 ini saya baru mau brangkat ke Bandar lampung dari liwa Lampung barat.

    Ilmu efidemiologi adalah : ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi (penyebaran) serta determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  2. menurut pendapat saya Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang terkait di tingkat populasi

    BalasHapus
  3. ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentng penyebaran penyakit dilihat dari frekuensi , distribusi dan determinan.

    BalasHapus
  4. Ilmu yang mempelajari tentang Frekuensi dan Distribusi (Penyebaran) serta Determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya).

    BalasHapus
  5. Epidemiologi dalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran dan determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang atau masyarakat .

    BalasHapus
  6. Ilmu epidemiologi adalah suatu cabang ilmu kesehatan masyarakat yang di dalamnya membahas tentang jenis penyakit, distribusi, serta perubahan dan akibatnya pada manusia atau populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu.

    BalasHapus
  7. menurut pendapat saya ilmu epidemiologi adalah :
    Ilmu yang mempelajari tentang frekuensi,distribusi ( penyebaran ), serta determinan dari suatu pola kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya baik pada sekelompok orang ataupun pada populasi masyarakat.

    BalasHapus
  8. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit baik dilihat dari frekuensi,distribusi,dan determinan pada sekelompok orang/masyarakat,serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  9. Ilmu epidemiologi adalah : ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi /penyebaran prnyakit serta determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  10. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat , penyebab , pengendalian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan, dan kematian dalam populasi manusia.

    BalasHapus
  11. menurut pendapat saya ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi distribusi serta determinan suatu masalah kesehatan atau pola penyakit terhadap orang, tempat dan waktu.

    BalasHapus
  12. Ilmu Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat, penyebab, pengendalian dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan dan kematian dalam populasi manusia.

    BalasHapus
  13. epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyebaran dari jenis penyakit begitu pula determinannya yang mempengaruhi frekuensi pada manusia.

    BalasHapus
  14. menurut saya ilmu epidemiologi adalah ilmu yg mempelajari tentang frekuensi dan distribusi penyebaran penyakit serta determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang atau masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  15. Menurut saya ilmu epidemiologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang terjadinya dan penyebaran dari suatu masalah kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi nya serta upaya-upaya penanggulangannya

    BalasHapus
  16. ilmu Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi (penyebaran) dan determinan (factor-faktor penentu) masalah kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  17. Epidemiologi dalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran dan determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang atau masyarakat .

    BalasHapus
  18. Menurut saya ilmu epidemiologi merupakan suatu cabang ilmu kesehatan untuk menganalisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk tertentu serta mempelajari sebab timbulnya masalah dan gangguan kesehatan tersebut untuk tujuan pencegahan maupun penanggulangannya.

    BalasHapus
  19. epidemologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit

    BalasHapus
  20. Menurut saya epidemiologi adalah ilmu yg mempelajari tentang gambaran dari suatu penyakit, mulai dari kejadian,frekuensinya, distribusinya, sampai dgn ditemukan determinannya,serta faktor2 yg terkait

    BalasHapus
  21. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi serta determinan masalah kesehatan pada sekelompok masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya ilmu Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit baik dilihat dari frekuensi,distribusi dan diterminan kepada sekelompok orang atau kepada masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  23. Menurut saya Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi suatu penyakit pada suatu kelompok atau masyarakat serta faktor-faktornya.

    BalasHapus
  24. Menurut pendapat saya Ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gambaran suatu penyakit dilihat dari frekuensi,distribusi dan diterminan kepada sekelompok orang atau kelompok masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

    BalasHapus
  25. lmu EPIDEMIOLOGI adalah : ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi (penyebaran) penyakit serta determinan masalah kesehatan,Perubahan serta akibat yang terjadi pada sekelompok orang/masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  26. Menurut saya Ilmu epidemiolagi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi, distribusi dan determinan suatu masalah kesehatan serta akibat yang terjadi pada kelompok orang atau masyarakat pada saat tertentu.

    BalasHapus
  27. Ilmu epidemiologi adalah suatu cabang ilmu kesehatan masyarakat yang di dalamnya membahas tentang jenis penyakit, distribusi, kematian, serta perubahan dan akibatnya pada sekelompok orang/masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    BalasHapus
  28. Ilmu epidemiologi adlh : Ilmu yg mempelajari gbran suatu penyakit yang dilihat dari frekuensi,distribusi dan determinan kepada sekelompok org atau masy. dan faktor " yg mempengaruhinya.

    BalasHapus
  29. ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari penyebaran atau distribusi suatu enyakit dan determinannya dan pengaruhnya terhadap sekelompok orang atau masyarakat

    BalasHapus
  30. Menurut kesimpulan saya Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat , penyebab , pengendalian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan, dan kematian dalam populasi manusia.

    BalasHapus
  31. Menurut saya Ilmu epidemiologi adalah ilmu yg mempeljari tentang perkembangan suatu penyakit,meliputi penyebaran dan faktor2 penentu(determinan)timbul dan menyebarnya penyakit tsbm

    BalasHapus
  32. Ilmu Epidemiologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari ttg dinamika populasi, penularan penyakit, uk morbiditas dan mortalitas, desain studi epid, bias informasi, multi kausasi, inferensi kausal, investigasi outbreak sampai pada data management.

    BalasHapus
  33. Ilmu epidemiologi adalah suatu cabang ilmu kesehatan masyarakat yang di dalamnya membahas tentang jenis penyakit, distribusi, serta perubahan dan akibatnya pada manusia atau populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu.

    BalasHapus
  34. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan- determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut.

    BalasHapus
  35. Ilmu yang mempelajari tentang Frekuensi dan Distribusi (Penyebaran) serta Determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya)serta perubahan dan akibatnya pada manusia atau populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu.

    BalasHapus
  36. Menurut saya ilmu epidemiologi adalah ilmu mengenai suatu gambaran atau distribusi penyakit dan determinannya serta akibat yang terjadi pada manusia atau kelompok penduduk.

    BalasHapus
  37. Menurut pendapat saya Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola kesehatan dan penyakit serta akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

    BalasHapus
  38. Ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi, distribusi dan determinan dari suatu masalah kesehatan pada sekelompok orang / masyarakat pada waktu tertentu.

    BalasHapus
  39. Ilmu efidemiologi adalah : ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi (penyebaran) serta determinan masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    Balas

    BalasHapus
  40. menurut pendapat saya epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat , penyebab , pengendalian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan, dan kematian dalam populasi manusia.

    BalasHapus
  41. Ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi, frekuensi, dan determinan penyakit pada populasi.

    BalasHapus
  42. epidemologi adalah ilmu yang memelajari distribusi penyakit dan determinannya untuk memberikan gambaran tingkat kesehatan suatu wilayah pada waktu tertentu.

    BalasHapus
  43. Maaf pak terlambat, sedang dalam bekerja ak.
    Tapi saya coba untuk komentar,,,,
    ilmu epidemiologi adalah ilmu yg mempelajari tentang penyebaran atau distribusi suatu penyakit dan determinannya serta cara pencarian solusinya

    BalasHapus
  44. Menurut pendapat saya pak :Ilmu yang mempelajari tentang Frekuensi dan Distribusi (Penyebaran) serta Determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya)serta perubahan dan akibatnya pada manusia atau populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu.

    BalasHapus
  45. Sesuai kesimpulan para ahli,Epidemiologi adalah:
    Ilmu yg mempelajari ttg frekuensi,distribusi ( penyebaran ), serta determinan dari suatu pola kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya baik pada sekelompok orang ataupun pada populasi masyarakat.
    Bala

    BalasHapus
  46. Ilmu epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan , penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya yang mempengaruhi frekuensi dan akibat pada saat tertentu pada kelompok manusia.

    BalasHapus
  47. ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi,derterminan dan faktor-faktor terjadinya penyakit,yang terdapat pada manusia akibat populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu,sehingga dapat terlacak.

    BalasHapus
  48. Ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan peristiwa lainnya yang berhubungan dengan kesehatan yang menimpa sekelompok masyarakat dan menerapkan ilmu tersebut untuk memecahkan masalah masalah tsb atau mencari solusinya

    BalasHapus
  49. Menurut saya ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan-determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut
    Dan epidemiologi ini memusatkan perhatiannya pada distribusi penyakit pada populasi masyarakat atau kelompok

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. menurut pendapat saya Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan peristiwa lainnya yang berhubungan dengan kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta perubahan dan akibatnya pada manusia atau populasi yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu.

    BalasHapus
  52. Menurut saya ilmu epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan-determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut
    Dan epidemiologi ini memusatkan perhatiannya pada distribusi penyakit pada populasi masyarakat atau kelompok

    BalasHapus